bendera gelora

SDN Murung Sari 5

follow me

KEPSEK & DEWAN GURU

like me

Asmaul Husna

Kalender

TERUS BERKARYA

BHINNEKA TUNGGAL IKA


clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

MADE IN INDONESIA

Visitor

Flag Counter

Vote SDN M.Sari 5

Bagaimana menurut Anda info dari website sekolah ini?
pollcode.com free polls

seller

mp3

music download

MALAS PANGKAL BODOH

Blogger Tricks

link

I LOVE EDUCATIONS

MOUSE

TUNTUTLAH ILMU SETIN

blogger

widget 2

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Empat Cara Mendidik Anak menjadi lebih pintar

Oleh Admin 25-09-2013 15:00:32

Mendidik anak menjadi lebih pintar bukanlah hal yang susah, sekarang ini sudah banyak cara yang lebih mudah lagi untuk menumbuhkan motivasi belajar anak, asalkan kita mau berusaha. Selain ini juga banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan belajar anak, keinginan baca anak, tinggal kita sebagai orang tua/kakak harus mengenal dia terlebih dahulu sperti, benda apa yang ia suka atau  permaianan apa yang dia suka.

Anak pintar menjadi kebanggaan orangtua, selain pintar juga taat beribadah. Nah cara-cara yang disampaikan dalam media ini  bisa diterapkan di rumah, pada waktu senggang bersama anak- anak. Berikut beberapa cara yang membuat anak dapat menjadi lebih pintar. 

1. Bermain musik

Bermain musik dapat merangsang pertumbuhan otak kanan. Bersadarkan studi yang dilakukan oleh universitas Toronto, bermain musik dapat meningkatkan IQ dan nilai akademis anak. Sebuah artikel kenapa orang zionis israel menjadi pintar karena salah satunya sejak masih dini mereka sudah dilatih konsentrasinya dengan bermain piano. 

2. Mengembangkan rasa ingin tahu anak

Pendidikan yang sukses karena anak pintar selalu ingin tahu akan hal baru. Itulah sejak kecil biasakan anda sebagai orang tua harus selalu menunjukkan rasa ingin tahu kepada anak.
Dengan begitu anda tidak perlu menyuruh anak untuk belajar ini itu. Karena dia sendiri yang akan penasaran. Otomatis dengan semakin banyak yang dia pelajari akan membuatnya menjadi pintar.
3. Budayakan membaca
Kegiatan membaca dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan perkembangan kognitif anak. Bagaimana cara melakukannya? Membacakan dongeng untuk anak bisa menjadi salah satu jalan keluar. Cara lain, berikan anak hadiah sebuah buku yang dapat menarik perhatiannya. 

Sekarang sudah zaman internet, mengapa tidak kita gunakan internet dalam mendidik? Internet sudah terbukti ampuh untuk membuat orang sering membaca. Tentu saja karena ini untuk pendidikan anak untuk menjadi pintar, harus tetap ditemani oleh orang tua.

4. Kepercayaan diri

Mendidik anak pintar yang baik adalah membuatnya percaya diri dan selalu optimis bahwa dia bisa melakukan sesuatu. Salah satu cara adalah berpatisipasi dalam kegiatan olahraga maupun sosial. Ingat jangan sekali-sekali mendidik anak sehingga dia menjadi anak yang tidak PD, misal anak selalu tidak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu. 

Salah satu contoh ketika seorang ibu mengkritik gambar anaknya karena langitnya berwarna merah bukan biru. Sepertinya hal itu sepele. Tapi itu bukan pendidikan anak yang bagus. Karena anak jadi takut melakukan sesuatu karena salah. Manusia yang tidak pernah melakukan sesuatu tidak mungkin menjadi pintar.

Selain ke-4 hal di atas, ada beberapa hal yang dapat membuat anak menjadi pintar, misal memberi ASI hingga usia mencapai 2 tahun, menyingkirkan makanan cepat saji dan memberikan makanan yang sehat, membiasakan berolahraga. Insya Allah dengan niatan yang baik dan sungguh-sungguh dalam mendidik anak, anak bisa menjadi lebih pintar.